Konservatorium Musik Jakarta

Jakarta Conservatory of Music

... because education is our passion!

PROGRAM AKADEMIK


Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah (PPMDM)

Deskripsi PPMDM

Program pendidikan ini ditujukan bagi siswa-siswi yang ingin bermain dan mendalami musik secara serius dan menyeluruh; mulai dari tahap dasar hingga lanjutan. Seluruh aspek yang mendukung keterampilan bermain musik secara solid dan mendasar akan diberikan dalam program pendidikan ini; tidak hanya pelajaran praktek, namun juga teori musik, solfegio dan ensambel. Siswa yang telah lulus program ini akan memiliki cukup bekal keterampilan dan pengetahuan untuk memperdalam pendidikannya ke tingkat pendidikan tinggi musik.

Program pendidikan ini terdiri atas 2 tahapan. Kedua tahapan ini berkesinambungan; Tahap Pendidikan Musik Menengah merupakan kelanjutan dari Tahap Pendidikan Musik Dasar. Sesuai dengan perkembangan setiap siswa yang dapat berbeda-beda, program pendidikan ini sangat fleksibel. Ujian praktek dilaksanakan setiap setengah tahun sekali, sehingga siswa yang memiliki kemampuan luar biasa dapat menyeleseikannya dalam empat tahun.

Kurikulum PPMDM

Tingkat Preliminer

Program ini adalah program yang ditujukan untuk anak yang berusia dibawah delapan tahun. Usia minimum untuk mengikuti Tingkat Preliminer adalah empat tahun. Namun demikian, hal ini tidak meniadakan kemungkinan penerimaan siswa yang lebih muda, selama proses kognitif, psikologis, dan fisiologis siswa yang bersangkutan memungkinkan. Calon siswa baru yang masih berusia dibawah lima tahun harus mengikuti audisi penerimaan siswa untuk melihat kesiapan proses kognitif, psikologis, dan fisiologis calon siswa yang bersangkutan.

Durasi Tingkat Preliminer adalah cukup bebas, tergantung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyeleseikan bahan silabus siswa “easy beginner”, atau hingga berusia delapan tahun.

Tidak ada pelajaran lain yang diberikan untuk Tingkat Preliminer selain pelajaran praktek. Resital Siswa juga belum diwajibkan, meskipun demikian siswa dapat ikut serta dalam Resital Siswa, tetapi nilai tidak akan dicantumkan dalam transkrip.

Ujian kenaikan ke Tingkat 1 Tahap Pendidikan Musik Dasar, dapat dilakukan kapan saja di setiap jadwal ujian Pendidikan Musik Dasar & Menengah di akhir semester, kecuali bila siswa tersebut telah berusia 8 tahun. Siswa yang sudah berusia 8 tahun wajib mengikuti ujian kenaikan ke Tingkat 1 Tahap Pendidikan Musik Dasar.

Tahap Pendidikan Musik Dasar

Program ini mencakup seluruh basis pendidikan musik yang harus dimiliki seluruh siswa sebelum dapat melanjutkan pendidikan dan pelatihan musik ke tingkat mahir. Kelulusan minimum program ini setara dengan kelulusan tingkat 5 dari berbagai ujian sertifikasi praktek musik, seperti ABRSM, AMEB, ANZCA, LCM, dan Trinity College. Lama pendidikan tergantung tiap siswa, namun rata-rata adalah lima tahun, yaitu satu tahun untuk satu tingkatan. Batas minimum kelulusan adalah dua setengah tahun (lima semester) dan batas maksimum tujuh setengah tahun.

Tahap Pendidikan Musik Menengah

Program ini bertujuan memberikan landasan pendidikan musik lanjutan yang kokoh sehingga siswa yang telah menyelesaikan program ini diharapkan memiliki keterampilan minimum untuk melanjutkan pendidikan musiknya ke jenjang perguruan tinggi. Kelulusan program ini minimum setara dengan kelulusan tingkat 8 dari berbagai ujian sertifikasi praktek musik, seperti ABRSM, AMEB, ANZCA, LCM dan Trinity College. Lama pendidikan tergantung pada tiap siswa, pada umumnya tiga tahun. Batas minimum kelulusan adalah dua tahun (empat semester) dan batas maksimum adalah empat setengah tahun.

Persyaratan Penerimaan Siswa Baru PPMDM

Bagi siswa Tingkat Preliminer:

  • Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran
  • Membayar biaya pendaftaran dan uang sekolah untuk satu term penuh
  • Usia maksimum adalah tujuh tahun
  • Calon siswa berusia dibawah lima tahun wajib mengikuti audisi penerimaan untuk melihat kesiapan proses kognitif, psikologis, dan fisiologis calon siswa

Bagi siswa pemula Program Pendidikan Musik Dasar:

  • Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran
  • Membayar biaya pendaftaran dan uang sekolah untuk satu term penuh
  • Usia minimum untuk langsung mengikuti Program Pendidikan Musik Dasar tanpa melalui Tingkat Preliminer adalah delapan tahun, kecuali untuk instrumen gitar, vokal, dan tiup, dimana kondisi fisiologis juga menjadi penentu

Bagi siswa Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah yang sudah bermain musik:

  • Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran
  • Mengikuti audisi penempatan
  • Membayar biaya audisi, biaya pendaftaran, dan uang sekolah untuk satu term penuh
  • Menyiapkan bahan-bahan audisi yang mencakup:
      • Semua tangga nada yang dikuasai
      • Etude
      • 2 lagu dengan style atau gaya yang berbeda
      • Sight-reading

Ujian Praktek Kenaikan Tingkat PPMDM

  • Ujian praktek akan diadakan dua kali dalam satu tahun ajaran.
  • Setiap siswa dianjurkan mengikuti ujian praktek setelah mengikuti 4 triwulan (term) pelajaran. Namun apabila guru pembimbing merasa siswa belum siap, ujian praktek dapat ditunda dua term kemudian.
  • Siswa yang pernah mengikuti studi di sekolah lain dapat mengusulkan transfer nilai subyek-subyek teori musik dengan melampirkan transkrip nilai yang telah dilegalisir. Meski demikian, keputusan dalam hal ini sepenuhnya ada di tangan penanggung jawab akademik.
  • Siswa yang ikut ujian wajib mendaftarkan diri ke bagian Registrasi paling lambat 5 minggu sebelum tanggal ujian dan membayar uang ujian paling lambat 3 minggu sebelum tanggal ujian.
  • Siswa yang sudah melewati 4 term masa pelajaran prakteknya dalam satu tingkatan akan dimasukkan kedalam daftar Siswa Wajib Ujian dan diharuskan untuk mengikuti ujian pada akhir term ke-6. Biaya ujian akan ditagihkan secara otomatis dalam Invoice (tagihan) Uang Sekolah pada awal term ke-6.
  • Siswa yang terdaftar dalam Siswa Wajib Ujian, tetapi bermaksud untuk menunda atau membatalkan ujian dengan persetujuan dari guru pembimbingnya, diwajibkan untuk mengisi Formulir Rekomendasi Penundaan Ujian Praktek dan diserahkan ke bagian Registrasi.
  • Pembatalan atau penundaan ujian hanya dapat dilakukan paling lambat 4 minggu sebelum tanggal ujian dan wajib mengisi Formulir Rekomendasi Penundaan Ujian Praktek untuk kemudian diserahkan ke bagian Registrasi. Uang ujian yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan, tetapi akan ditangguhkan untuk biaya ujian praktek pada semester berikutnya. Apabila siswa memutuskan untuk menunda ujian praktek setelah melewati batas 4 minggu sebelum tanggal ujian, maka uang ujian praktek yang sudah dibayarkan dianggap hangus. Siswa harus membayar uang ujian praktek kembali jika siswa ingin mengikuti ujian pada semester berikutnya.
  • Penangguhan biaya ujian praktek hanya berlaku untuk satu semester. Apabila siswa yang biaya ujiannya sudah ditangguhkan, kemudian menunda kembali ujian prakteknya pada semester berikutnya, maka biaya ujian praktek yang telah ditangguhkan selama satu semester dianggap hangus. Siswa diwajibkan kembali membayar uang ujian praktek jika ingin mengikuti ujian pada semester setelahnya.
  • Untuk dapat mengikuti ujian ini, siswa diwajibkan untuk memenuhi beberapa ketentuan sekolah. Syarat dan prasyarat untuk mengikuti Ujian Praktek Kenaikan Tingkat adalah sebagai berikut:
      • Mendapat persetujuan dari guru pembimbing yang bersangkutan
      • Telah mendapatkan nilai Resital Siswa sekurang-kurangnya dua kali dalam satu tingkatan
      • Telah melunasi pembayaran administrasi sekolah dan/ atau pembayaran lain-lainnya
      • Telah lulus mata pelajaran teori minimal satu tingkat dibawah tingkat ujian praktek yang akan diikutinya
      • Telah lulus mata pelajaran ensambel sesuai tingkatan ujian prakteknya
      • Hadir setidaknya 80% dalam mata pelajaran prakteknya
      • Siswa yang mengikuti ujian praktek Tingkat 8 dapat menggunakan nilainya sebagai nilai audisi penerimaan Program Diploma Musik Pertunjukan. Hasil minimum untuk dapat diterima dalam Program Diploma Musik Pertunjukan adalah A-

Mata Pelajaran Teori & Ujian Kualifikasi Teori PPMDM

  • Mata pelajaran Teori Musik dan Solfegio diadakan dalam bentuk klasikal pada hari dan waktu yang ditentukan oleh pihak Konservatorium. Setiap siswa dianjurkan dengan sangat untuk mengikuti mata pelajaran ini.
  • Satu tingkat mata pelajaran teori diberikan selama dua term, dimulai tiap awal term ganjil hingga akhir term genap. Untuk mengikuti mata pelajaran teori, siswa baru wajib mengikuti Ujian Teori Penempatan Tingkat, sesuai yang telah dijadwalkan dalam Kalender Akademik.
  • Sebagai prasyarat untuk dapat mengikuti Ujian Praktek Kenaikan Tingkat, setiap siswa wajib merampungkan mata pelajaran Teori Musik dan Solfegio sedikitnya satu tingkat dibawahnya. Contoh: untuk dapat mengikuti ujian praktek tingkat 5, siswa harus sudah merampungkan pelajaran teori tingkat 4 atau lebih.
  • Siswa tidak diperkenankan untuk mengambil mata pelajaran teori diatas mata pelajaran prakteknya.
  • Di setiap akhir term genap, diadakan Ujian Kualifikasi Teori bagi siswa yang wajib merampungkan mata pelajaran teori untuk dapat mengikuti Ujian Praktek Kenaikan Tingkat pada term tersebut. Untuk keikutsertaan dalam Ujian Kualifikasi Teori, siswa wajib mendaftarkan diri pada bagian Registrasi.
  • Untuk mengikuti seluruh ujian teori (Ujian Teori Penempatan Tingkat, Ujian Kualifikasi Teori, dan Ujian Teori Kenaikan Tingkat) siswa Konservatorium tidak akan dipungut biaya tambahan.

Instrumen Sekunder PPMDM

  • Siswa berhak mengambil instrumen sekunder. Pendaftaran instrumen sekunder ini dapat dilakukan pada saat siswa pertama kali mendaftarkan diri sebagai calon siswa Konservatorium Musik Jakarta, atau pada saat setelah terdaftar sebagai siswa Konservatorium Musik Jakarta. Untuk kondisi kedua tersebut, siswa dipersilahkan menghubungi Registrasi sekolah untuk mendapatkan Formulir Pendaftaran Instrumen Sekunder.
  • Bagi siswa yang telah mempelajari instrumen ini sebelumnya, diwajibkan untuk mengikuti audisi penempatan terlebih dahulu.
  • Tingkat instrumen sekunder harus lebih rendah atau maksimum sama dengan tingkat instrumen utama. Bila pada masa pendidikan ternyata tingkat instrumen sekunder melebihi tingkat instrumen utama, maka siswa wajib untuk pindah jurusan.
  • Mata pelajaran teori tidak perlu diambil lagi untuk instrumen sekunder karena telah dipelajari dalam kurikulum instrumen utamanya. Namun demikian, mata pelajaran ensambel tetap harus diambil sesuai dengan kurikulum instrumen tersebut.
  • Sertifikat Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah hanya diberikan untuk kelulusan instrumen utama. Siswa yang telah menyeleseikan mata pelajaran instrumen utama, dan masih ingin melanjutkan pendidikan untuk instrumen sekundernya, diwajibkan mendaftarkan diri sebagai siswa jurusan instrumen yang terakhir. Semua mata pelajaran yang telah diambil sebelumnya otomatis akan ditransfer ke kurikulum penjurusan instrumen yang baru, dan siswa akan mendapatkan sertifikat pada kelulusannya.


Program Diploma Musik Pertunjukan (PDMP)

Deskripsi PDMP

Program Diploma Musik Pertunjukan merupakan kelanjutan dari Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah atau Program Pendidikan Seniman Muda dan yang lebih mengarah kepada pendidikan kesenimanan musik dan keterampilan tampil yang lebih spesifik. Kelulusan program ini setara dengan kelulusan Ujian Praktek Licentiate of the Royal School of Music atau Licentiate of Music of ANZCA untuk bidang Music Performance. Lama pendidikan adalah tiga tahun, dengan batas maksimum lima tahun. Setiap siswa harus memberikan resital akhir sepanjang minimum 60 menit untuk kelulusannya.

Untuk mengikuti program ini, calon siswa harus lulus audisi penerimaan, berusia 16 tahun keatas, atau telah memiliki ijasah SMP.

Persyaratan Penerimaan Siswa Baru PDMP

  • Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran
  • Melampirkan sertifikat/ ijasah Tingkat 8 Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah, atau Grade 8 ABRSM/ ANZCA/ Trinity/ sejenisnya bila ada.
  • Melampirkan akta kelahiran atau ijasah Sekolah Menengah Pertama
  • Mengikuti audisi penerimaan untuk instrumen praktek, harmoni dasar, dan teori musik & solfegio
  • Membayar biaya audisi, biaya pendaftaran, dan uang sekolah untuk satu term penuh
  • Bahan audisi untuk jurusan piano mencakup:
      • Tangga nada & arpeggio dari semua kunci
      • Satu Etude dan Moszkowski Op. 72, Czerny Op. 740, Chopin (seluruhnya), Scriabin (seluruhnya), Rachmaninov (seluruhnya), dan setaranya
      • Satu Prelude & Fuga dari “The Well-Tempered Clavier” karya J.S. Bach
      • Satu Sonata (seluruh gerakan) karya:
          • Haydn (kecuali Hob. XVI/1 s.d. 15)
          • Mozart (kecuali KV 282 dan 545)
          • Beethoven (kecuali Op. 49 No. 1 & 2; Op. 27 No. 1 & 2; Op. 79)
      • Satu Karya Romantik berdurasi 5-10 menit, yang setara dengan Schubert Impromptu, Brahms Intermezzo, Chopin Nocture/ Polonaise/ Impromptu, dsb.
      • Satu karya dari abad XX berdurasi 5-10 menit.


Program Pendidikan Seniman Muda (PPSM)

Deskripsi PPSM

Program ini dirancang bagi para instrumentalis muda yang telah lulus Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah, namun belum memiliki syarat usia/ pendidikan formal yang cukup untuk melanjutkan ke Program Diploma Musik Pertunjukan (PDMP). Hanya siswa yang lulus ujian praktek Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah dengan nilai A diperkenankan untuk mengikuti program ini. Calon siswa yang belum pernah mengikuti Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah juga dapat mengikuti audisi penerimaan, dengan materi audisi yang sama dengan Program Diploma Musik Pertunjukan. Calon siswa juga harus mengikuti tes teori musik yang setara dengan ujian akhir mata pelajaran Teori Musik dan Solfegio tingkat 7 Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah.

Dalam program ini hanya diberikan pelajaran-pelajaran praktek (termasuk ensambel), tidak ada pelajaran teori atau sejarah musik. Namun demikian, di setiap akhir tahun pelajaran, siswa yang mengikuti program ini harus memberikan resital solo sepanjang minimum 35 menit yang akan dinilai oleh tim penguji. Nilai A (untuk pelajaran praktek solo dan ensambel) merupakan syarat untuk dapat mengikuti program ini di tahun pelajaran berikutnya.

Persyaratan Penerimaan Siswa Baru PPSM

Sama dengan persyaratan penerimaan siswa Program Diploma Musik Pertunjukan di atas, namun calon siswa harus berusia di bawah 16 (enam belas) tahun. Disamping itu calon siswa wajib mengikuti tes Teori Musik, Harmoni Dasar, dan Solfegio.