Konservatorium Musik Jakarta

Jakarta Conservatory of Music

... because education is our passion!

PROGRAM PENGAJARAN

Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah

Program pendidikan ini ditujukan bagi siswa-siswi yang ingin bermain dan mendalami musik secara serius dan menyeluruh; mulai dari tahap dasar hingga lanjutan. Seluruh aspek yang mendukung keterampilan bermain musik secara solid dan mendasar akan diberikan dalam program pendidikan ini; tidak hanya pelajaran praktek, namun juga teori musik, solfegio dan ensambel. Siswa yang telah lulus program ini akan memiliki cukup bekal keterampilan dan pengetahuan untuk memperdalam pendidikannya ke tingkat pendidikan tinggi musik.

Program pendidikan ini terdiri atas 2 tahapan. Kedua tahapan ini berkesinambungan; Tahap Pendidikan Musik Menengah merupakan kelanjutan dari Tahap Pendidikan Musik Dasar. Sesuai dengan perkembangan setiap siswa yang dapat berbeda-beda, program pendidikan ini sangat fleksibel. Ujian praktek dilaksanakan setiap setengah tahun sekali, sehingga siswa yang memiliki kemampuan luar biasa dapat menyeleseikannya dalam empat tahun.

Program Diploma Musik Pertunjukan

Program Diploma Musik Pertunjukan merupakan kelanjutan dari Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah atau Program Pendidikan Seniman Muda dan yang lebih mengarah kepada pendidikan kesenimanan musik dan keterampilan tampil yang lebih spesifik. Kelulusan program ini setara dengan kelulusan Ujian Praktek Licentiate of the Royal School of Music atau Licentiate of Music of ANZCA untuk bidang Music Performance. Lama pendidikan adalah tiga tahun, dengan batas maksimum lima tahun. Setiap siswa harus memberikan resital akhir sepanjang minimum 60 menit untuk kelulusannya.

Untuk mengikuti program ini, calon siswa harus lulus audisi penerimaan, berusia 16 tahun keatas, atau telah memiliki ijasah SMP.

Program Pendidikan Seniman Muda

Program ini dirancang bagi para instrumentalis muda yang telah lulus Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah, namun belum memiliki syarat usia/ pendidikan formal yang cukup untuk melanjutkan ke Program Diploma Musik Pertunjukan (PDMP). Hanya siswa yang lulus ujian praktek Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah dengan nilai A diperkenankan untuk mengikuti program ini. Calon siswa yang belum pernah mengikuti Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah juga dapat mengikuti audisi penerimaan, dengan materi audisi yang sama dengan Program Diploma Musik Pertunjukan. Calon siswa juga harus mengikuti tes teori musik yang setara dengan ujian akhir mata pelajaran Teori Musik dan Solfegio tingkat 7 Program Pendidikan Musik Dasar & Menengah.

Lebih lanjut ...


Resital Siswa

Resital Siswa adalah sebuah sarana untuk melatih mental dan kesiapan siswa sewaktu tampil di depan umum. Disamping itu, Resital Siswa juga merupakan sarana bagi para guru untuk mengevaluasi perkembangan muridnya. Resital Siswa diadakan secara rutin beberapa kali setiap term, dan diperuntukkan bagi siswa dari semua program dan semua tingkatan. Setiap siswa wajib tampil dalam Resital Siswa setidaknya satu kali dalam satu semester, dengan jumlah minimum dua kali dalam satu tingkatan. Keikutsertaan dalam Resital Siswa tersebut merupakan prasyarat untuk dapat mengikuti Ujian Praktek Kenaikan Tingkat.

Ensambel

Kelas ensembel, baik Ensambel Kecil, maupun Ensambel Besar, harus diambil sesuai dengan tingkatan kelas prakteknya, dan merupakan prasyarat keikutsertaan ujian praktek. Selain sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian kenaikan tingkat, ensambel juga dijadikan sebagai wadah untuk melatih siswa agar terbiasa tampil di depan umum bersama dengan pemusik yang lainnya.

Informasi mengenai kelas ensambel dan murid-murid yang ingin atau diharuskan mengikuti kelas ensambel akan diumumkan pada saat term ganjil. Pendaftaran kelas ensambel diadakan pada term yang sama di bagian Registrasi. Siswa yang tidak wajib mengikuti kelas ini secara akademik, dapat juga mengambil kelas ini dengan mendaftarkan diri di awal term ganjil tersebut.

Master Class

Konservatorium menyelenggarakan masterclass yang diberikan oleh seniman-seniman internasional secara berkala, dan diantaranya bekerja sama dengan pusat-pusat kebudayaan asing. Masterclass diutamakan bagi siswa-siswi Program Pendidikan Musik Menengah, Seniman Muda, dan Diploma.

Untuk mengikuti masterclass, siswa diwajibkan untuk meminta persetujuan guru pembimbing praktek yang bersangkutan, serta mendaftarkan diri ke Registrasi. Biaya keikutsertaan dalam masterclass bervariasi, tergantung kondisi yang ada. Masterclass yang diselenggarakan atas kerjasama dengan lembaga-lembaga kebudayaan asing sering kali tidak dipungut biaya, baik untuk peserta aktif maupun non-aktif, karena subsidi oleh lembaga kebudayaan yang bersangkutan. Namun, peserta aktifnya pun menjadi terbatas dan selektif.

Kegiatan Konser

Konservatorium juga menyelenggarakan proyek-proyek konser untuk umum yang diselenggarakan di gedung-gedung pertunjukan penting di Jakarta. Konser-konser ini terdiri atas beberapa seri:

  • Seri Konser Resital Pengajar
  • Seri Konser Resital Seniman Tamu
  • Seri Konser Seniman Muda

Konser-konser yang merupakan bagian dari mata pelajaran ensambel wajib diikuti oleh setiap siswa yang mengambil mata pelajaran tersebut. Seri Konser Seniman Muda terbuka bagi siswa-siswi Konservatorium, sesuai dengan tema konser yang diselenggarakan. Untuk keikutsertaan dalam konser yang tergabung dalam Seri Konser Seniman Muda, setiap siswa wajib mengikuti audisi yang dijadwalkan secara khusus.

Seri Konser Seniman Muda juga mencakup Resital Akhir para siswa Program Diploma Musik Pertunjukan serta Resital Tahunan para siswa Program Seniman Muda.

lebih lanjut ...


lebih lanjut ...